Banyak jenis dan variasi usaha baru yang bermunculan, kita ambil contoh dari bisnis primer, seperti property, fashion, kuliner ( makanan dan minuman ), dan gaya hidup.
Munculnya banyak pengembang atau developer kecil sungguh sangat meramaikan kancah properti Indonesia, berkembangnya bisnis fashion anak muda sangat mendorong perkembangan bisnis fashion nasional, berkembangnya gadget akhir-akhir ini juga menjadi penyokong mudahnya orang mencari berbagai informasi.
Munculnya banyak variasi usaha ini sangat membantu banyaknya para calon pelaku usaha atau mereka yang sudah menjalankan usaha jenis di atas untuk memilih dan mengembangkan usahanya.
Perkembangan salah satu jenis usaha di atas yaitu usaha kuliner sangatlah pesat, ada beberapa hal yang sangat mendorong pertumbuhan bisnis kuliner kecil menengah di Indonesia, antara lain :
- Bergesernya trend gaya hidup mayoritas penduduk perkotaan, dari yang suka masak menjadi suka jajan dengan banyak alasan
- Pertimbangan biaya, di mata customer sangat mempengaruhi, yang dimaksud adalah daripada mengeluarkan biaya untuk memasak 1-2 jenis makanan untuk makan sehari-hari, lebih irit untuk beli makanan jadi, yang paling menjadi pertimbangan adalah dengan cara jajan makanan, akan lebih murah dan bervariatif
- Banyaknya pelaku usaha kuliner yang kreatif dengan mengkreasi, memperbaiki dan mempercantik sajian kuliner yang dijual sehingga bisa selaras dengan gaya hidup orang saat ini, contohnya banyaknya makanan fast food, menjamurnya bisnis minuman jus buah seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi buah
- Banyak pelaku usaha atau biasa disebut franchisor kuliner, yang menawarkan bisnisnya kepada para calon pelaku usaha dengan harga yang relative terjangkau sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengikuti mempunyai usaha pokok maupun usaha sampingan bidang kuliner.
- Kemajuan teknologi internet sangat sangat membantu para franchisor usaha kuliner untuk mempromosikan usahanya kepada semua orang, dengan pertumbuhan gaya hidup yang sudah akrab dengan internet maka orang akan lebih mudah mencari reverensi usaha, mencari daftar franchise terbaru, ataupun mencari daftar waralaba terlaris, daftar franchise makanan
Tidak bisa dipungkiri juga bahwa salah satu cirikhas orang Indonesia khususnya dalam bidang usaha kecil menengah adalah mengamati dulu orang yang sudah buka usaha, kemudian baru mencari tau lebih jauh dan memutuskan untuk mengikuti atau tidak mengikuti para pelaku usaha pendahulu.
Dengan adanya Internet, maka semua orang lebih mudah mencari daftar waralaba makanan, daftar franchise makanan kecil, atau mencari info mengenai para franchisor atau pelaku usaha yang menawarkan usahanya dalam bentuk franchise, waralaba atau kemitraan di tahun 2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar